KOMUNITAS KHUSUS OWNER BAJAJ INDONESIA

Sarana Berbagi Info Otomotif Bajaj dan Pulsar Series

Ride with Full Respect and Humble... Be Smart, Be Safe and Keep Enjoy YourRide

Salam TUSBOL

Tips Menjaga Performa Mesin Standar Tetap Prima

Touring to Sawarna
Salam Tusbol bro.....Kali ini saya akan kembali berbagi Tips menjaga performa mesin kendaraan bro semua agar selalu dalam keadaan sehat wal afiat, gemah ripah lohjinawi serta Tut Wuri Handayani...hehe..he... oke bro simak terus ya... yuuk lanjuuut.  Nah inilah Tips utk menjaga performa mesin std tetap prima maksimal (bukan modifikasi utk meningkatkan performa)

- atur jetting karbu sehingga warna busi cenderung agak putih atau orens / merah bata, jangan sampai warnanya kehitaman atau hitam sekali karena itu cenderung menimbulkan tumpukan kerak sisa pembakaran yg tidak tuntas

- pakailah oli mesin yg bagus = jenis mineral pada 1500km pertama, selanjutnya pakelah minimal semi sintetik atau 100% sintetik yg blakangnya 50 (15w/50 atau 20w/50) dan cek ketinggian di jendela intip oli setiap 3-5 hari sekali, kalok perlu tambahkan oli. Penggantian oli semi sintetik setiap 2500-3000 km max. Kalok 100% sintetik ya bisa sampai 5000 km, tapi lebih cepet ganti pasti lebih baek.

- pakelah Xado dan sebangsanya (setelah 5rb km utk mesin baru) utk meminimalkan faktor gesek antara komponen internal mesin, sekaligus meminimalkan terjadinya penumpukan kerak sisa pembakaran.

- lakukan porting dan polish utk melancarkan flow campuran bbm/udara sehingga membantu kesempurnaan proses pembakaran utk meminimalkan kerak. Tapi sebaiknya PnP ini dilakukan berdsrkan itungan yg presisi, sangat berkaitan dengan spec cam dan diameter klep. PnP ini kalok menurutku adalah menu wajib utk segala jenis mesin kendaraan.

- jika daily use lebih banyak stop n go dalam kemacetan, maka perlu seminggu sekali motor dibawa jalan agak jauh pada putaran mesin di atas 6000 rpm dalam jarak minimal 30-50 km agar terjadi proses pembakaran maksimal dan sempurna utk membakar kerak2 yg belum lama terbentuk sehingga mudah terbakar. Atau jika treknya hanya sekitar 2000-3000 meter, lalukanlah "Italian Tune-Up" yaitu geber mesin pada putaran mesin maksimal mendekati red-line, sekitar 8000 rpm sepanjang trek 2-3 km itu.

- setiap 20.000 atau 25.000 km, sebaiknya minta beres atau bengkel kepercayaan utk membuka cyl head lalu melakukan "skir klep" (agar bibir klep kembali pada posisi presisi dengan lobang klep) dan pembersihan kerak di sekitar klep dan kepala piston.

Moga bermanfaat bagi teman2 yang baru memiliki / memelihara motor Pulsar...

0 comments:

Post a Comment