Touring to Sawarna |
Salam Tusbol bro.....Kali ini saya akan kembali berbagi Tips menjaga performa mesin kendaraan bro semua agar selalu dalam keadaan sehat wal afiat, gemah ripah lohjinawi serta Tut Wuri Handayani...hehe..he... oke bro simak terus ya... yuuk lanjuuut. Nah inilah Tips utk menjaga performa mesin std tetap prima maksimal (bukan modifikasi utk meningkatkan performa)
- atur jetting karbu sehingga warna busi cenderung agak putih atau
orens / merah bata, jangan sampai warnanya kehitaman atau hitam sekali
karena itu cenderung menimbulkan tumpukan kerak sisa pembakaran yg
tidak tuntas
- pakailah oli mesin yg bagus = jenis mineral pada 1500km pertama,
selanjutnya pakelah minimal semi sintetik atau 100% sintetik yg
blakangnya 50 (15w/50 atau 20w/50) dan cek ketinggian di jendela intip
oli setiap 3-5 hari sekali, kalok perlu tambahkan oli. Penggantian oli
semi sintetik setiap 2500-3000 km max. Kalok 100% sintetik ya bisa
sampai 5000 km, tapi lebih cepet ganti pasti lebih baek.
- pakelah Xado dan sebangsanya (setelah 5rb km utk mesin baru) utk
meminimalkan faktor gesek antara komponen internal mesin, sekaligus
meminimalkan terjadinya penumpukan kerak sisa pembakaran.
- lakukan porting dan polish utk melancarkan flow campuran bbm/udara
sehingga membantu kesempurnaan proses pembakaran utk meminimalkan
kerak. Tapi sebaiknya PnP ini dilakukan berdsrkan itungan yg
presisi, sangat berkaitan dengan spec cam dan diameter klep. PnP ini
kalok menurutku adalah menu wajib utk segala jenis mesin kendaraan.
- jika daily use lebih banyak stop n go dalam kemacetan, maka perlu
seminggu sekali motor dibawa jalan agak jauh pada putaran mesin di atas
6000 rpm dalam jarak minimal 30-50 km agar terjadi proses pembakaran
maksimal dan sempurna utk membakar kerak2 yg belum lama terbentuk
sehingga mudah terbakar. Atau jika treknya hanya sekitar 2000-3000
meter, lalukanlah "Italian Tune-Up" yaitu geber mesin pada putaran mesin
maksimal mendekati red-line, sekitar 8000 rpm sepanjang trek 2-3 km
itu.
- setiap 20.000 atau 25.000 km, sebaiknya minta beres atau bengkel
kepercayaan utk membuka cyl head lalu melakukan "skir klep" (agar bibir
klep kembali pada posisi presisi dengan lobang klep) dan pembersihan
kerak di sekitar klep dan kepala piston.
Moga bermanfaat bagi teman2 yang baru memiliki / memelihara motor Pulsar...
0 comments:
Post a Comment