KOMUNITAS KHUSUS OWNER BAJAJ INDONESIA

Sarana Berbagi Info Otomotif Bajaj dan Pulsar Series

Ride with Full Respect and Humble... Be Smart, Be Safe and Keep Enjoy YourRide

Salam TUSBOL

Trik Untuk Penunggang Bajaj Pulsar

Bro Adjie Ijo Lumut
di jembatan gantung sawarna
Kali ini kami mau berbagi trik untuk para penunggang pulsa kesayangan kita, kira-kira apa sajakah yang harus dimiliki oleh pengguna pulsar dirumah, atau yang harus disediakan sebagai cadangan ketika kita akan melakukan perjalanan jauh?  nah silahkan simak dan dibaca sampai selesai artikel dibawah ini.

- Chain lube, semprot rantai seminggu sekali, terutama masuk musim hujan, bikin rante cepet berkarat dan kaku, terutama rantai P200. Jangan nunggu sampai rante kaku atau kejadian kayak bro Penthoel, rantai putus, menghantam tutup mesin kiri hingga pecah berantakan. Chain lube yang bagus adalah Chain Wax merk L J, atau MTR yang "heavy duty" atau "racing". harga antara 15rb - 35 rb per kaleng semprot.

- stock oli cadangan utk menambah2. Biasakan minimal seminggu sekali check ketinggian oli via jendela intip bulat di tutup mesin sebelah kanan. Ketinggian oli harus berada di antara garis bawah dan atas. jangan kurang/lebih. Motor harus distandar tengah dan mesin udah mati minimal 45 menit.

- stock busi cadangan, karena kita gak tau kapan busi kita sudah menurun atau bisa tiba2 mati..

- WD-40 atau Silicon sprayer utk melumasi buanyak bagian mulai handle/kelisrikan sampai mekanisme kopling/rem/baut2 yang mudah berkarat.

- bagus juga kita punya stock kabel koplling dan kabel rem dan cadangan sekring.

Selain itu, bagi para pemula perlu diingat :

1) sebisa mungkin, jika parkir, gunakan standar tengah. Jika mau pake standar samping, pastikan tuas std samping itu terbuka maksimal, dengan cara menendangnya kedepan, atau menarik motor kebelakang setelah motor terstandar. Standar samping Pulsar sangat rawan, karena dia bisa berhenti di tengah, tidak maksimal ke depan secara otomatis kayak motor2 Jepun. Akibatnya : banyak banget kasus Pulsar terjatuh ke kiri (handel kopling patah/bengkok) karena tuas standar samping yang tidak meyakinkan.

2) setiap kali mencuci motor, sebelum menyalakan mesin, keringkan air (menggunakan udara kompresor atau lap kering) yang menempel di :
- kutub positif dan negatif aki
- relay starter yang terletak persis di sebelah depannya aki
- rongga di sekeliling busi kanan. Jangan mencopot busi karena air akan masuk ke ruang bakar. Copot aja cop businya, lalu semprot rongga itu dan juga bagian dalam cop businya dengan udara kompresor atau dengan lap kering yang mudah meresapkan air. Cop busi kanan std tidak mampu menutupi rongga itu dengan sempurna, bahkan saat mengendarai motor dalam hujan, kadang terjadi mesin mbrebet gara2 rongga kanan itu dipenuhi air hujan. Salah 1 solusi : ganti cop busi itu dengan merk Protec Ultimate (hub XO Motoshop).

3) Saat mengendarai Pulsar, dan harus belok kanan patah habis misalnya saat memutar jalan, jangan menggunakan rem depan, karena akan menyebabkan motor cenderung mau jatuh ke kanan !!! SEkuat apapun badan kita, gak akan mampu menahan jika dalam keadaan itu, motor pasti akan jatuh ke kanan dengan sukses.

0 comments:

Post a Comment